SD IT BINA INSANI

Brosur Profil SD IT Bina Insani halaman 1

Brosur Profil SD IT Bina Insani halaman 2

Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insani adalah sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Bina Insan Taqwa Semarang, Sekolah Islam Terpadu Bina Insani hadir untuk membentuk peserta didik menjadi anak – anak yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual secara terpadu berdasarkan konsep pendidikan Islam. Sejak tahun  2012 SD Islam Terpadu Bina Insani berhasil meraih akreditasi A.

Sekolah Islam Terpadu Bina Insani bervisi

“Menjadi sekolah unggulan yang berkarakter Islami dan menguasai IPTEK menuju Khoiru Ummah”.

untuk mewujudkannya, SD Islam Terpadu Bina Insani memiliki Misi :
1) Menyelenggarakan pendidikan dasar yang professional dan berkualitas untuk mewujudkan pribadi islami yang unggul. Dan

2) Menumbuh kembangkan kreativitas dan inovasi civitas akademika yang bermanfaat bagi agama, bangsa dan Negara.

Untuk mendukung tercapainya tujuan kini SDIT Bina Insani, yang berlokasi di Jl. Tanjungsari no 200 Sumurboto ini, memiliki 42 tenaga akademik dan pengajar. Para Guru ini dipilih melalui proses yang bertahap dengan tujuan untuk mendapatkan guru yang memiliki kualitas bukan hanya sebagai pengajar namun juga pendidik dan motivator.

Profil SD IT Bina Insani

Apa yang menjadi progam unggulan SDIT Bina Insani?

Sebagai Sekolah Islam Terpadu yang memliki motto “Sekolahku Sahabat Al Qura’an” Bina Insani  ingin menjadi sekolah unggulan berbasis Al Qur’an dan sunnah yang mengedepankan nilai-nilai ke-Islam-an dalam rangka mencetak generasi khaira Ummah yang berakhlak Qur’ani.

Maka pembelajaran baca tulis Al Qur’an dan Hafalan Al Qur’an (Tahfizh) merupakan progam unggulan SDIT Bina Insani. Untuk Baca tulis Al Qur’an diharapkan kelas 3 sudah mampu membaca Al Qur’an dengan lancar dan baik. Sementara untuk Tahfizh, ditargetkan setiap lulusan mampu menghafal setidaknya 5 juz.

Bagaimana Kurikulum SD IT Bina Insani?

SD IT Bina Insani menggunakan Kurikulum 2013 yangmemiliki keterpaduan dengan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) serta kurikulum khas yang diolah oleh SD IT Bina Insani.

Kurikulum Inti meliputi PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, SBK, IPS dan Penjasorkes.

Muatan Lokal mencakup PAI, Bahasa Arab, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, TIK, KPDL, Qiroati dan Tahfidz.

Aktivitas harian sudah dimulai ketika awal masuk pukul 07.00 diawali dengan Shalat Dhuha dilanjutkan dengan doa bersama. Muraja’ah hafalan kadang bergantian dengan story telling dan literasi menjadi kegiatan awal sebelum pembelajaran. Begitupun dengan Sholat dzuhur dilaksanakan dengan berjamaah.

Untuk mendukung proses pembelajaran, SDIT Bina Insani juga mengadakan program: Market Day, Puncak Tema, Pembelajaran Luar Sekolah, Study Tour untuk kelas 5, PHBI, Pesantren Ramadhan, Manasik Haji hingga Family Gathering.

Ekstrakurikuler terbagi 3 yakni Ekstra Wajib, Ekstra Pilihan dan Esktra Mandiri.

Ekstrakurikuler wajib adalah Pramuka untuk kelas 3, 4 dan 5 yang dilaksanakan setiap Jum’at pukul 14.00 hingga 15.30.

Ekstra Pilihan adalah ekstra yang diadakan oleh sekolah di mana setiap siswa hanya boleh mengikuti satu ekstra, yaitu English Club, Arabic Club, Multimedia dan Ilmuwan Cilik.

Ekstra mandiri adalah ekstra yang melibatkan pihak ketiga yang memiliki ikatan kerjasama dengan sekolah, yakni Penulis Cilik, Futsal dan Silat. Dilaksanakan setiap hari sabtu.

Apa sajakah fasilitas SDIT Bina Insani?

Sejauh ini SDIT Bina Insani telah memiliki Gedung Sekolah milik sendiri, Laboratorium Computer, Perpustakaan Sekolah,  Fasilitas Antar jemput dan aneka Fasilitas Bermain.

Jam berapakah kegiatan belajar SDIT Bina Insani berlangsung?

  • Kelas I dan II

Senin-Kamis  :  07.00-13.00

Jum’at             :  07.00-10.30

Sabtu              :  Ekstra mandiri

  • Kelas III

Senin-Rabu    :  07.00-13.00

Kamis              :  07.00-14.30

Jum’at             :  14.00-15.30 (ekstra wajib)

Sabtu              :  Ekstra mandiri

  • Kelas IV-V

Senin-Rabu    :  07.00-14.30

Kamis              :  07.00-14.30 (ekstra pilihan)

Jum’at             :  07.00-14.30(ekstra wajib)

Sabtu              :  Ekstra mandiri

  • Kelas VI

Senin-Kamis  :  07.00-14.30

Jum’at             :  07.00-13.00

Apa keunggulan SDIT Bina Insani dibanding dengan yang lain?

Seiring perjalanan waktu, Sekolah Islam Terpadu Bina Insani kini telah menjelma menjadi salahsatu sekolah swasta favorit di kawasan Banyumanik. Selain keunggulan program Al Qur’an, setidaknya terdapat tiga keunggulan utama yang dimiliki Sekolah Islam Terpadu Bina Insani :

Pertama, Pendidikan Akhlak dan Karakter. Melalui keterpaduan kurikulum, Sekolah Islam Terpadu Bina Insani berupaya memberikan penguatan pendidikan akhlak dan karakter kepada siswa. Beriringan dengan penguatan aqidah dan ibadah, Penanaman adab dan sopan santun melalui pembiasaan dan nasihat lisan selalu dilakukan oleh guru kepada anak. Bahkan salah satu alasan utama orangtua menyekolahkan anaknya ke Bina Insani adalah keinginan untuk mendapatkan pendidikan akhlak yang baik.

Kedua, Guru yang ramah dan bersahabat. Pegawai, terutama guru yang muda dan ceria, menjadi modal pertama untuk menumbuhkan lingkungan dan hubungan yang positif dengan siswa dan orangtuasiswa. Guru Bina Insani dikenal sebagai guru yang ramah dan murah senyum. Tentu saja tidak cuma senyum, namun keramahan guru disertai dengan pemberian pelayanan dan sikap yang terbaik.

Ketiga, Pendidikan Untuk Alumni dan Orangtua. Tak hanya siswa kelas 1 sampai kelas 6, SD IT Bina Insani juga memberikan layanan pendikan kepada Alumni melalui kegiatan mentoring secara berkala. Melalui kegiatan kajian tersebut, diharapkan alumni dapat terjaga hafalan dan akhlaknya dalam pergaulan.

Pun, pendidikan untuk orangtua. Bina Insani mewajibkan bagi orangtua kelas 1 untuk mengikuti Pelatihan Parenting untuk menyamakan visi dalam mendidik anak. Dilanjutkan kemudian dengan pelatihan dan seminar tentang pendidikan anak yang dilaksanakan bekerjasama dengan majelis sekolah.

Sekolah Islam Terpadu Bina Insani tidak cuma sekolah, tapi juga laksana rumah. Tidak hanya tempat belajar akademik, namun juga tempat mendapat kehangatan persaudaraan bak sebuah keluarga.

Rasa kekeluargaan inilah yang kemudian membentuk lingkungan pergaulan yang sehat. “Salah satu keunggulan dari menyekolahkan anak-anak kami di Bina Insani Semarang adalah selain mutu pendidikan yg baik, guru yang super bersahabat, hal lain yg membuat kami bersyukur adalah lingkunganya yang positif”, Tutur Ibu Yupita Satrio, orangtua dari Wildan (angkatan XI) dan Nashwa) seolah merangkum kesan positif dari orangtua untuk Sekolah Islam Terpadu Bina Insani.

 

Widi Setianah, S.Pd.
(bu Widi)
Kepala SD Islam Terpadu Bina Insani

Guru SD Islam Terpadu Bina Insani